PENDIDIKAN TINGGI PERTANIAN

Perbandingan antara Pendidikan tinggi pertanian di Negara maju dengan Negara Indonesia.
1.      Pendidikan teknologi pertanian di Prancis
Pertama di buka di Prancis pada tahun 1890 dengan nama INA (institute national agronomique, insitut nasional pertanian). Bergerak pada bidang mekenisme pertanian dan budidaya pertanian. Pada tahun 1893, didirikan ENSIA ( Ecole Nationnal Superiure industrie alimentare, sekolah tinggi indusrti pangan ) untuk teknologi industry pangan.
Sesuai dengan perkembangan industry pamgan dan pertanian di Prancis, bidang teknologi pertanian termasuk favorit setelah computer, teknik kimia, dan teknik industry. Pada perkembangannya sebagai lintas disiplin, penyelenggaraan program study di selenggarakan dengan cara kerja sama. Misalnya untuk bidang kajian fermentasi di tawarkan oleh teknik kimia. Sedangkan teknik peralatan pertanian kepada mekanisme pertanian.

2.      Pendidikan teknologi di Jerman
Technice universitat (TU) didirikan pada tahun 1809, yaitu TU Berlin dengan study teknik mesin. Bidang teknologi pertanian merupakan salah satu unggulan TU Munchen, yang dibuka pada tahun 1929  dengan fakultas ilmu tanah dan bangunan pertamanan yang mempunyai insitut pembukaan lahan dan bangunan  pertanian serta teknik tanah. Fakultas  lain yang dibuka adalah fakultas ilmu bir, teknologi pangan dan ilmu susu.

3.      Pendidikan teknologi pertanian di Belanda
Pendidikan tinggi teknologi pertanian secara umum di Negeri Kincir Angin, Belanda berada di universitas pertanian Wagenigen. System di universitas tersebut menjadi acuan dalam pembukaan dan penyelenggaran perguruan tinggi pertanian di Indonesia oleh pemerintah Hindia Belanda, termasuk gelar yang di berika bagi lulusannya yaitu Ir (insinyiur). Pada tahun 1918,  diberi status universitas dengan satu fakultas yaitu fakultas pertanian dan ilmu-ilmu  lingkungan dengan 50 departemen yang terdiri dari bidang atau ilmu teknologi, alam, dan social.

4.      Pendidikan teknologi pertanian di Inggris
Pada 1840 didirikan Universitas London dan Universitas Glascow,keduanya bergerak untuk bidang teknik kimia,kemudian teknik biokimia/bioteknologi.

5.       Pendidikan teknologi pertanian di Amerika Serikat
Bidang teknologi pertanian sendiri berkembang pesat di AS pada pertengahan abad 19 sebagai tuntutan pembukaan lahan secara besar-besaran untuk bercocock tanam tanaman industri

6.      Pendidikan teknologi pertanian di Indonesia
Pada tahun 1940 , pemerintah hindia belanda  mendirikan lembaga pendidikan tinggi pertanian di Bogor dengan Landbouw hogeschol.Pada tahun 1946 diganti namanya menjadi (PTKH) oleh pemerintah Indonesia.dan juga didirikan Nood Universiteit di Batavia ,yang kemudian berkembang menjadi cikal bakal Universitas Indonesia,dengan fakultas kedokteran,kedokteran gigi dan farmasi,Fakultas pertanian.sementara untuk bidang teknik di dirikan di bandung yaitu Sekolah tinggi  yaitu Teknik sipil.itu adalah cikal bakal berdirinya Insitut teknologi Bandung ,untuk IPB didirikan pada 1 september 1963 dengan keputusan menteri












Persamaan pendidikan tinggi pertanian di Negara maju dengan Indonesia
1.Meluluskan mahasiswa dengan gelar sarjana pertanian
2.sama-sama ingin memajukan sektor pertanian
3.mengisi bidang-bidang penelitaian
4.memenuhi kebutuhan masyarakat akan keberadaan pangan
5.Pendidikan tinggi yang wajib ada di Negara maju dan Indonesia
6.sama-sama bergerak dalam bidang pertanian

Perbedaan Pedidikan tinggi Pertanian di Negara Maju dengan Negara Indonesia
1.pendidikan tinggi di Negara maju lebih maju dari Indonesia
2.fasilitas pendukung perkuliahan jauh lebih lengkap dari Indonesia
3.Di Negara maju Pemerintah menyediakan lapangan pekerjaan bagi lulusan pendidikan tinggi pertanian
4.Dengan lahan yang terbatas,tetapi memiliki lulusan yang berkompeten membuat Negara-negara maju  menjadi pengekspor hasil pertanian.sedangkan Indonesia dengan lahan yang sangat luas Indonesia masih saya bergantung pada hasil pertanian Impor
5.pengembangan teknologi di Negara Maju sangat cepat ketimbang Indonesia
6.pemerintah kurang memperhatikan Petani dan juga Lulusan pendidikan tinggi pertanian di Indonesia , berbeda dengan Negara maju Pemerintahnya sangat peduli dengan kemajuan pertanian.


Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH FISIKA "GERAK PARABOLA"

(Makalah) Bentuk-Bentuk Organisasi

Fungsi arccos, arcsin, arctan dalam excel 2010